Senin, 13 Juli 2009

Perencanaan "City Hotel" Yogyakarta

Salahsatu studi perencanaan saya di Universitas adalah Perencanaan "City Hotel" Site di jalan Mangkubumi berdekatan dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Potensi lokasi bahwa site berdekatan dengan Pusat transportasi (Stasiun Tugu), Pusat perdagangan (Malioboro), pusat bisnis (Kantor di Jalan Mangkubumi), dan keterjangkauan ke Alun-alun.
Konsep City Hotel: Potensi koridor jalan mangkubumi selayaknya jalana malioboro, yaitu adanya shoping arcade sepanjang jalannya, potensi ini kami terapkan pada bagian depan selain dimanfaatkan untuk retail juga bangunan 2 lantai tersebut sebagai kemenerusan bangunan kanan dan kirinya, sehingga karakter jalan mangkubumi tidak berubah, arah hadap bangunan utara dan selatan, merupakan potensi pemandangan yang baik, dan tidak mendapatkan pencahayaan matahari secara langsung.

















































City Hotel pada dasarnya bukanlah Hotel untuk berlibur,melainkan hotel bagi para pebisnis yang sedang melakukan kunjungan kerja di suatu daerah (kota), misalnya untuk meeting dengan klien, survei lokasi, dll. Berdasaran fungsi tersebut, berpengaruh terhadap besaran ruang-ruang kamar Hotel, dengan 4x5m ukuran paling ideal untuk unit kamar di City Hotel tersebut.
City Hotel tersebut dikategotikan Hotel Bintang 3, dengan fasilitas kolam renang, fasilitas olahraga, salon dan spa, dan shoping arcade. ada konsep yang berbeda di sini, karena ada fasilitas hotel dapat di akses oleh masyarakat umum, yaitu ada shoping arcade, coffee shop, Club and cafe, bilyar game semua ada pada bangunan depan (shoping arcade).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mampir cah. Weh, bingung aku mbedakne blogmu sing iki karo sing sijine. Isine podoh...